Kamis, 03 November 2011

shalat sunnah wudhu

SHALAT SUNNAH WUDHU


Shalat sunat wudhu atau yang disebut juga dengan shalat syukrul wudhu adalah shalat yang dikerjakan setelah berwudhu.

Salah satu jenis sholat yang disunahkan untuk dikerjakan oleh umat Islam adalah sholat sunnah wudhu. Sholat sunnah yang terdiri dari dua rakaat ini dikerjakan setelah berwudhu. Sholat sunnah wudhu juga biasa disebut dengan sholat syukrul wudhu.

Sholat sunnah wudhu merupakan salah satu jenis sholat sunnah yang sangat mudah dan ringan untuk dikerjakan. Sholat ini hanya terdiri dari dua rakaat dan dapat dikerjakan kapanpun setelah mengambil wudhu, di luar waktu-waktu yang diharamkan untuk mengerjakan sholat.

Tata cara pelaksanannya adalah:

A. Sehabis berwudhu kita disunahkan membaca doa:

ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLALLAAHU WAHDAUU LAA SYARIKA LAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHU WA RASUULUHU. ALLAHUMMAJ’ALNII MINAT-TAWWAABIINA WAJ’ALNII MINAL MUTATHAHIRIINA WAJ’ALNII MIN ‘IBAADIKASH-SHAALIHIIN.
Artinya: “Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah, dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang ahli taubat, dan jadikanlah aku orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang saleh.”

B. Selesai membaca doa tersebut, lalu melaksanakan shalat sunah wudhu 2 rakaat.

Niatnya:

USHALLII SUNNATAL-WUDHUU’I RAK’ ATAINI LILLAAHI TA’AALAA.
Artinya: ”Aku niat shalat sunah wudhu 2 rakaat karena Allah.”

C. Shalat ini dikerjakan 2 rakaat sebagaimana shalat yang lain dengan ikhlas sampai salam.

Keutamaan Shalat Syukrul Wudhu
“Rasulullah berkata kepada Bilal: Ceritakanlah kepadaku amal apa yang amat engkau harapkan dalam Islam, sebab aku mendengar suara kedua sandalmu di surga? Bilal menjawab: Tidak ada amal ibadah yang paling kuharapkan selain setiap aku berwudhu baik siang atau malam aku selalu shalat setelahnya sebanyak yang aku suka” . (HR Bukhari)

Wahai para muslim, sholat adalah tiangnya agama, dan sholat sunnah adalah penyempurna bagi sholat fardhu. Dan tidak ada amalan seberat zarrah pun, baik itu buruk maupun baik, Allah swt pasti akan memberikan balasan-Nya. Untuk itu, marilah kita mulai untuk sama-sama membiasakan mengerjakan sholat sunnah wudhu dengan ikhlas dan penuh harap atas rahmat dan ampunan Allah SWT.

0 komentar:


Diberdayakan oleh Blogger.

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP